Tekno Solution

Tekno Solution

Minggu, 15 April 2012

Polimialgia Rematik

Definisi

Penyakit ini merupakan suatu sindrom yang terdiri dari rasa nyeri dan kekakuan yang terutama mengenai otot ekstremitas proksimal, leher, bahu, dan panggul. Terutama mengenai usia pertengahan atau lanjut usia. Dapat timbul sebagai prodromal atau manifestasi dari berbagai penyakit, mungkin pula timbul tanpa penyakit penyebab, disebut polimialgia reumatik primer.

Manifestasi Klinis

Gejala utama adalah nyeri dan kekakuan yang mengenai leher, bahu, lengan atas, pinggang, pinggul, dan punggung sebelah bawah. Kekakuan terutama mengganggu tidur dan istirahat. Tidak terdapat kelelahan otot. Mungkin disertai sakit kepala, anoreksia, malaise, demam, dan banyak keringat, sering kali disertai depresi. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan yang khas.

Pemeriksaan Penunjang

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, didapatkan anemia normokrom normositik ringan, leukositosis ringan, peninggian LED dan factor reuma yang negative. Pada pemeriksaan radiology, foto sendi umumnya normal, demikian pula dengan elektromiografi.

Penatalaksanaan

Polimialgia reumatik tanpa arteritis menunjukan respons cepat dan dramatis dalam 1-5 hari dengan dosis kecil prednisone 10-15 mg sehari. Jika terdapat gejala-gejala yang mungkin disebabkan arteritis cranial, maka dianjurkan pemberian prednisone 600 mg/hari sebagai dosis awal, diikuti biopsy arteri temporal 1-2 minggu sesudahnya. Prednisone diberikan selama 1-2 bulan sebelum dilakukan tapering off.

Prognosis

Nyeri pada otot dengan gerakan yang baik umumnya sembuh sendiri dalam 6 bulan, tetapi mungkin sampai 2-3 tahun.

Komentar dengan akun facebook

link

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

 
Design by Alamsyah Aris | Bloggerized by Alamsyah design | Maros Indonesia